5 Negara Yang Memata - Matai Indonesia Hingga Saat Ini

Hay Sobb !!! - Perlu diketahui oleh kaum muda bahwa Indonesia dipandang sebagai “penggangu”  oleh beberapa negara di dunia, mesti tidak begitu kuat dalam kekuatan militer tetapi  ekonomi Indonesia cukup unggul di beberapa sumber daya lamnya. Sehingga banyak Negara asing mencoba memata – matai negeri ini agar mengetahui apa yang terjadi di negeri ini. Mereka melakukan segala cara untuk menggali informasi mengenai berbagai hal krusial yang seharusnya tidak diketahui publik bila perlu mereka menyusup dan mengintervensi untuk bisa menyetir negeri ini sesuai dengan keinginan.

Berikut ini beberapa Negara yang memata – mata Indonesia dari dulu hingga sekarang

1.   Australia



Hubungan antara Australia dengan Indonesia bisa dibilang naik dan turun, kasus – kasus Indonesia dengan Australia seperti kucing dan anjing adalah kasus hukuman mati gembong narkoba Bali Nine dan kasus mata – mata yang dilakukan Australia kepada Indonesia.
Kasus itu terjadi tahun 2013 silam oleh seorang mantan mata – mata bernama Edward Snowden, pria itu mengatakan jika Australia memata – matai telpon yang dipakai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Yusuf Kalla, Ibu ani, Budiono serta menteri – menteri penting di era itu.
Mengetahui hal ini Indonesia marah besar bahkan memanggil kembali Duta Besar Indonesia untuk Australia.
Kasus mata – mata yang diakukan ini menjadi isu dunia dan menjadikan Australia kehilangan muka, namun Perdana Mentri Abbert tidak memilih minta maaf kepada Indonesia.

2.   Amerika



Amerika adalah negara yang mengambil bagian dalam memata-matai Indonesia. kasus mata-mata yang pertama kali mengungkapkan adalah ketika Indonesia akan menempatkan senjata nuklir di era Soekarno. Pada saat itu banyak mata-mata Amerika disewa untuk melihat Indonesia dekat dan juga untuk apa yang akan menjadi potensi niat Amerika pengganggu di masa depan.
Selain itu, Amerika juga sering bekerja sama dengan Australia. Kedua negara sama-sama memata-matai Indonesia erat. Bahkan jika AS juga dilaporkan untuk membangun pangkalan militer di pulau Cocos. Pulau ini terletak 3.000 km sebelah selatan dari Indonesia. Dengan mendirikan basis di sini, orang Amerika bisa dengan mudah memata-matai Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

3.   Selandia Baru



Selain Australia, Edward Snowden juga membuka kedok Selandia Baru di memata-matai Indonesia. Dalam dokumen itu diungkapkan, kata Snowden jika Selandia Baru memata-matai Indonesia dengan melalui jaringan telepon dan pesan singkat. Semua data yang dikumpulkan akan disetorkan ke negara-negara yang menjadi sekutu terdekatnya, dalam hal ini Amerika Serikat dan Australia.
Selain memata-matai jaringan telepon dan pesan singkat. Selandia Baru juga memata-matai pulau di sekitar mereka. Negara ini ingin tahu banyak hal yang berhubungan dengan Indonesia dan Asia Tenggara dalam rangka menyusun strategi kerja samabilateral.

4.   Inggris



Inggris telah lama memata-matai Indonesia. Bahkan, mereka sengaja memakai agennya berada di Singapura karena sangat dekat dengan Indonesia. Agen ini akan memberikan semua kontrol info yang dibutuhkan seperti  ekonomi, keuangan, perbankan, perdagangan, dan sumber daya alam. Semua data dimasukkan dapat digunakan untuk analisis untuk menemukan kekurangan yang ada di Indonesia.
Apa yang telah dilakukan Inggris pasti membuat pemerintah marah. Tetapi mereka juga tidak bisa berbuat banyak  mengingat jaringan intelijen mereka sangat luar biasa. Selain itu, dalam dunia politik luar negeri, tidak ada hal seperti teman. Semua negara memiliki peluang yang sama untuk melakukan tindakan yang mengerikan termasuk spionase seperti ini.

5.   Malaysia



Tetangga kita Negara Malaysia ternyata banyak melakukan pengintaian udara. Biasanya mereka melakukan patroli ke wilayah NKRI. Pesawat ini sengaja datang dan ingin mengintip apa yang ada di negara ini. Dengan demikian, Malaysia akan mampu membuat strategi pertahanan jika sewaktu-waktu ada konflik di perbatasan.
Apa yang dilakukan oleh Malaysia ini membuat Indonesia begitu marah. Sudah berkali-kali negara ini melarang Malaysia melecehkan perbatasan. Bahkan pelanggaran ini terus diulang sampai hubungan kedua negara selalu memanas.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Negara Yang Memata - Matai Indonesia Hingga Saat Ini"

Post a Comment