Akibat Kebiasaan Buruk Sahabatnya, Orang Ini Menjadi Bisu

Seperti yang terdapat pada iklan-iklan rokok saat ini bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu juga merokok tentunya berbahaya bagi orang lain yang tak sengaja menghisap asapnya lantaran berada di sekitar perokok ( perokok Pasif ). Telah dibuat aturan yang melarang merokok di tempat umum, pasalnya bukan sajak perokok aktif yang bisa terkena dampaknya, perokok pasif juga bisa terkena dampaknya. Justru asap rokok bagi perokok pasif lebih berbahaya dibanding perokok aktif. Dan hal ini dibuktikan oleh postingan foto yang dibagikan oleh akun Facebook atas nama Samuel Sormin.

Dia memposting seorang pria yang telah menjalani operasi pita suara. Dalam foto tersebut, diberi keterangan dan disebutkan kalau pria tersebut bernama Pak Marmin. Pria yang mengenakan peci putih tersebut telah menjalani operasi di tenggorokannya.




Berikut kisah lengkap Pak Marmin yang terkena tumor pita suara setelah menjalani operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Lampung.

Marmin mengalami tumor pita suara yang disebabkan oleh sering terpapar asap rokok. Di lehernya terdapat perban putih, serta terlihat sebuah selang putih yang menonjol keluar dari tenggorokannya. Yang menyedihkan, Marmin bukanlah seorang perokok aktif, namun sering terpapar asap rokok ketika bergaul dengan teman-temannya.

Pak Marmin sudah 2 bulan menjalani rawat inap dan kontrol rutin di RSCM Lampung.
 Keseharian Pak Marmin adalah menjaga bengkel miliknya di daerah Lampung.

Pak Marmin merupakan salah satu perokok pasif pengidap kanker pita suara yang disebabkan poleh para perokok disekitarnya . Akhirnya pita suara nya diangkat, tenggorokan sama saluran kehidung diangkat semua dan dilakukan operasi pembedahan sampai setengah leher.

"Hidung ngak ada gunanya lagi, jadi bisu. Bernafas pun harus pakai selang. Kontrol radiasi itu seluruh leher disinari, panas, sampai hitam.." ujar Pak Marmin sambil ekspresi menahan rasa sakit.

Dengan gerak gerik mulut dan tangan serta dibantu terjemahan dari sang anak, Pak Marmin berpesan,

"De, Jauhi  Rokok Yaa,, Jauhi Juga Asap nya,,Foto Saja Bapak !!! Tunjukkin Ke Semua Orang Supaya Jangan Merokok. Biarlah Bapak Yang menjadi Contoh Untuk Semuanya Bahwa Rokok Sangatlah Berbahaya !!! "

Baca Juga : Goyangan Pegawai Ini Bikin si "Anu" Enggak Kuat

Kesimpulan:

- Jagalah toleransi di masyarakat, Jangan merokok di tempat umum karena dapat membahayakan orang disekitar kita.

Unggahan foto perokok pasif ini dikomentari netizen lainnya. Kebanyakan dari mereka ingin membagikan ulang postingan ini, agar bisa dibaca oleh pengguna Facebook lainnya. Postingan ini sudah20.771 kali dibagikan dan mendapatkan 60 suka.

tolong share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Kebiasaan Buruk Sahabatnya, Orang Ini Menjadi Bisu "

Post a Comment